Halaman 1 dari 1

BACA

▶ GPH Ikut Tekan Angka Golput

20 Maret 2013 | 12:30:00 WIB

▶ Persyaratan SNMPTN 2014 Deskriminatif

20 Maret 2013 | 11:15:00 WIB

▶ Korban Mengaku Disetubuhi Dua Kali

20 Maret 2013 | 14:50:00 WIB

▶ Cabuli Anak Bawah Umur, Oknum Mahasiswa Ditangkap

20 Maret 2013 | 14:00:00 WIB

▶ Lahan Sporthall Milik Pemkot

20 Maret 2013 | 12:00:00 WIB

▶ Tak Tegas atau Tak Serius?

20 Maret 2013 | 11:00:00 WIB

▶ Dokter Penyakit Dalam Nihil di Kota

20 Maret 2013 | 09:30:00 WIB

▶ PLN Telanai Pindah ke Kambang

20 Maret 2013 | 11:00:00 WIB

▶ Dinas Pasar Akui Potong Gaji PTT

20 Maret 2013 | 09:30:00 WIB

JAMBIUPDATE.COM, BAGI masyarakat yang berminat anaknya untuk sekolah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Cendikia Jambi untuk segera mendaftarkan diri. Hal tersebut dikarenakan sejak 18 Maret hingga 8 April 2013 pendaftaran dimulai dan pendaftaran secara online di http://penerimaan.insancendekia.sch.id/ secara nasional.

Berbeda dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun lalu, pada tahun 2013 ini PPDB MAN Cendikia Jambi dibuka secara nasional. Dimana siswa boleh memilih 2 MAN Cendikia dari 3 MAN Cendikia yang ada yaitu MAN Insan Cendikia Serpong, Gorontalo dan MAN Cendikia Jambi.

Jumlah siswa yang diterima lebih banyak dari tahun lalu hanya 60 siswa, maka untuk tahun 2013 ini MAN Cendikia Jambi akan menerima 120 siswa baru. Tetapi perekrutannya secara nasional dan siswa dari Jambi harus bisa bersaing dengan daerah lain yang ada di Indonesia.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, Drs H Mahbub Daryanto, MPd.I mengakui bahwa dengan dibukanya PPDB MAN Cendikia Jambi secara nasional, maka MAN Cendikia Jambi standarnya sudah diakui secara Nasional, sehingga perlu perjuangan untuk bisa diterima di MAN Cendikia Jambi.

“Memang harus diakui bahwa dengan penerimaan siswa secara nasional ada kekuatiran anak Jambi sudah diterima di MAN Cendikia Jambi. Saya bersama pak Gubernur dan Bupati sudah mengirim surat kuota khusus untuk anak Jambi ke Menag RI, tetapi tidak ada jawaban hingga saat ini,” ujar Mahbub, kemarin.

Namun demikian diakui Mahbub bahwa hal ini menjadi konsekwensi bagi MAN Cendikia Jambi, karena merupakan salah satu icon madrasah berprestasi di Indonesia. Dengan PPDB secara nasional, MTs dan SMP di Jambi harus bekerja keras agar siswanya bisa diterima di MAN Cendikia Jambi.

“Kita jangan pesimis juga dan kita harus yakin anak Jambi bisa bersaing dengan daerah lain untuk bisa sekolah di MAN Cendikia. Kalau tidak ada kouta juga tidak masalah dan ini bentuk ujian bagi kita untuk menguji kemampuan anak Jambi apakah bisa bersaing tidak dengan daerah lain,” bebernya.

Sementara itu Kepala MAN Cendikia Jambi, Drs H Muslim, MPd mengatakan bahwa sehubungan dengan perekrutan nasional, maka siswa yang diterima MAN Cendikia Jambi dari 60 jadi 120 siswa baru. Pendaftaran secara online dengan mengirim bahan secara online dengan JPEG.

“Kita minta seluruh MTs dan SMP memanfaatkan waktu untuk mendaftar. Karena hasil verifikasi bahan nanti hanya 3000 yang bisa ikut tes tertulis dan yang bisa diterima dari 3 MAN Cendikia se-Indonesia 360 siswa. Harapan kita pendaftar Jambi memilih MAN Cendikia Jambi sebagai pilihan pertama,” harap Muslim.

Untuk persyaratan, Muslim mengatakan bahwa syarat untuk mendaftar di MAN Cendikia Jambi adalah pada kelas IX semester 1 pendaftar berada pada rangking terbaik pararel. Ini dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala MTs/SMP yang dibuat secara kolektif.

Dengan ketentuan bahwa madrasah/sekolah yang memiliki rombel kelas IX 1-3 kelas dapat mengirim maksimal 3 siswa, memiliki rombel 4-5 dapat mengirim 5 siswa dan lebih dari 5 rombel dapat mengirim 7 siswa terbaik untuk mendaftar sebagai calon siswa MAN Cendikia Jambi.

“Khusus pendaftar yang memiliki prestasi dibidang Sains pada kompetisi tingkat nasional maupun internasional, seperti keiikutsertaan dalam OSN, Kompetisi Sains Madrasah, Lomba KIR, penelitian yang diselenggarakan Kemenag RI, Kemendikbud dapat diberikan surat keterangan dari kepala madrasah/sekolah asal peserta didik secara individu di luar batasan jatah rombel,” bebernya. (sumber: jambi ekspres)